Wednesday 7 March 2012

Kebudayaan dan Kemanusiaan

Pemikiran tentang kemanusiaan dan kebudayaan

Mendengar kata-kata tentang kemanusiaan pasti yang terpikir oleh kita semua tentang perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia.hak-hak setiap individu yang harus terpenuhi dengan baik tetapi kenyataannya sekarang lain hak0hak tersebut belum terpenuhi seutuhnya contohnya hak anak-anak yang tidak bersekolah seharusnya mereka mendapatkan haknya sebagai anak-anak yang wajib bersekolah tetapi sekarang kenyataannya berbeda.
Rasa kemanusiaan yang ada pada masyarakatpun dinilai  masih kurang baik,masih kurang peduli dengan lingkungan sekitarnya.Rasa egoisme,rasa ingin menang sendiri masih dirasakan saat ini,seharusnya sifat-sifat tersebut dihilangkan.
Dalam pancasila pun disebutkan kemanusiaan yang adil dan beradab tetapi sebagian masyarakat belum merasakan hal tersebut.maka dari itu apa yang bisa dilakukan untuk mewujudkan sila pancasila tersebut agar seluruh masyarakat dapat merasakan hak yang sama sebagai warga negara Indonesia dan tidak ada lagi perbedaan hak-hak setiap individu.Mungkin jika kita lebih mempunyai rasa kemanusiaan yang tinggi dan peduli antar sesama semuanya akan lebih baik.
Kebudayaan bisa juga diartikan sebagai ciri khas dari suatu daerah.Kebudayaan indonesia sangat beanekaragam
setiap daerah di indonesia mempunyai budaya yang berbeda-beda,mulai dari rumah adat,baju tradisional,tari tradisional,dan masih banyak lagi kebudayaan yang beraneka ragam di setiap daerah.contohnya di provinsi sumatra barat yang mempunyai rumah adat yang bernama rumah gadang rumah tersebut dapat dikenali dari tonjalan atapnya yang mencuat ke atas yang bermakna menjurus kepada Yang Maha Esa. Tonjolan itu di namakan gojong yang banyaknya 4-7 buah,ada juga senjata dari sumatra barat yaitu badik,peda,sabel dan tombak.tarian dari sumatra barat yaitu Tari piring : Sebuah tari tradisional yang melambangkan suasana kegotong royongan rakyat dalam menunaikan tugasnya. Siang hari mengerjakan sawah ladang dan malam harinya bersukaria bersama-sama.lagu daerahnya berjudul ayam den lapeh dan barek solok.lalu alat musik tradisional dari sumbar yaitu talempong pancik alat musik ini di mainkan dengan cara di pukul seperti gong kecil.
Setelah mengetahui begitu anyaknya budaya di indonesia marilah kita semua jaga kebudayaan indoneia agar tidak dicuri oleh negara lain.begitu bangganya menjadi warga negara indonesia yang mempunyai keanekaragaman budaya.

sumber : http://intihana-kemanusiaandankebudayaan.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment