Saturday 21 January 2012

Smoking Habits

Sekarang ini kebiasaan merokok di Indonesia bukanlah hal yang jarang ditemui, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa merokok sudah bisa dikategorikan sebagai kebutuhan primer bagi mereka meskipun mereka tahu bahaya merokok.

Rokok banyak sekali mengandung zat-zat kimia yang bisa membahayakan bagi tubuh pengguna, kurang lebih terdapat 4000 zat kimia dan lebih dari 200 racun yang terkandung dalam asap rokok antara lain karbon monoksida (CO), nikotin, dan polycyclic aromatic hidrocarbon yang mengandung zat pemicu terjadinya kanker (tar, benzopyrenes,, nitroso-nor-nicotin, kadmium, hydrogen cyanide, vinyl chlorid, toluane, arsanic, phenol butana, amonia, methanol, acaton).


Nikotin dalam rokok dapat mempercepat proses penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Tar, mengandung zat kimia sebagai penyebab terjadinya kanker dan menganggu mekanisme alami pembersih paru-paru, sehingga banyak polusi udara tertinggal menempel di paru-paru dan saluran bronchial. Gas karbonmonoksida (CO) mempunyai kemampuan mengikat hemoglobin (Hb) yang terdapat dalam sel darah merah (eritrosit) lebih kuat dibanding oksigen, sehingga setiap ada asap rokok disamping kadar oksigen udara yang sudah berkurang, ditambah lagi sel darah merah akan semakin kekurangan oksigen, oleh karena yang diangkut adalah CO dan bukan O2 (Oksigen).

Berikut ini adalah akibat dari rokok.


Bagi orang yang ingin berhenti merokok saya mempunyai beberapa tips sebagai berikut :

No comments:

Post a Comment