1. Pada realita dalam suatu organisasi, pembagian kerja masih berlaku, jelaskan !
Pembagian
kerja umumnya dilakukan untuk meringankan beban pekerjaan dalam suatu
organisasi. Hal ini biasanya di bentuk dalam satuan divisi yang kemudian
memiliki anggota divisi dan memiliki tugas masing-masing. Misalnya
suatu organisasi sekolah katakanlah OSIS memiliki sekretaris bidang
masing-masing yang mewakili satu tujuan. Misalnya bidang keilmuan :
tugas umumnya adalah memperkenalkan suatu jenis bidang ilmu kepada siswa
agar lebih paham. Hal ini dilakukan untuk menyamaratakan tugas dan
kewaiban, walaupun kewajiban ketua dengan anggota sama namun bidang
pekerjaan yang dimiliki berbeda. Hal ini lah yang kemudian mengaruskan
satu tim organisasi dilatyih kekompakan dan kerjasamanya. Organisasi
yang dibentuk oleh sekelompok orang harus memiliki tujuan dan cita-cita
yang sama sehingga mempermudah tim dalam melaksanakan pekerjaannya.
2. Contohkan dengan kasus sederhana mengenai standarisasi dapat mendorong koordinasi ?
Kesepakatan
yang dibuat diawal pembentukan tim organisasi dapat mempermudah tim
untuk berkoordinasi dengan baik antara sesama anggota organisasi.
Contohnya : koordinasi yang dilakukan antara ketua dengan anggotanya
untuk saling terbuka dalam melakukan suatu kegiatan dapat mempermudah
berkembangnya koordinasi antara sesama anggota organisasi, karena untuk
dapat saling berkoordinasi dengan baik harus ada saling keterbukaan
antara satu dengan yang lain. Karena akan menyulitkan jika ada anggota
yang tidak dapat dipercaya , hal ini akan mempengaruhi kinerja tim dan
juga gerak social tim .
3. Jika terdapat bentuk organisasi seperti di bawah ini :
a. Berapa arus hubungan komunikasi ?
ada 1 hubungan komunikasi yaitu antara si A dengan I, II, III dan IV
b. Lengkapi gambar tersebut dengan garis arus hubungan komunikasi !
4. Jelaskan arti dari komunikasi adalah proses penyampaian keterangan ?
Komunikasi
merupakan suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang,
kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan
informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya,
komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti
oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat
dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan
menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya
tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini
disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.
5.
Organisasi
menggunakan formalisasi akan memperoleh keuntungan-keuntungan, sebutkan
keuntungan – ketuntungan tersebut dan berikan contoh ?
Struktur sederhana adalah sebuah struktur yang dicirikan dengan kadar
departementalisasi yang rendah, rentang kendali yang luas, wewenang yang
terpusat pada seseorang saja, dan sedikit formalisasi. Struktur sederhana
paling banyak dipraktikkan dalam usaha-usaha kecil di mana manajer dan pemilik
adalah orang yang satu dan sama. Kekuatan dari struktur ini adalah
kesederhanaannya yang tercermin dalam kecepatan, kefleksibelan, ketidakmahalan
dalam pengelolaan, dan kejelasan akuntabilitas. Satu kelemahan utamanya adalah
struktur ini sulit untuk dijalankan di mana pun selain di organisasi kecil
karena struktur sederhana menjadi tidak memadai tatkala sebuah organisasi
berkembang karena formalisasinya yang rendah dan sentralisasinya yang tinggi cenderung
menciptakan kelebihan beban (overload) di puncak.
http://almaidahsofyanaa.blogspot.com/2011/11/tugas-tou-2.html
http://ezasyauqi.blogspot.com/2012/10/teori-organisasi-umum-tugas-2.html
http://drajat-r.blogspot.com/2012/10/tugas-teori-organisasi-umum-2.html
No comments:
Post a Comment