Monday 5 November 2012

Tugas Teori Organisasi Umum 3

Nama               : Baref putro R.
No. ID             : 11111408

1. Definisi organisasi perusahaan menurut Fremont E. Kast dan James E. Rosenzwing tahun 1974, adalah :
  • Suatu subsistem dari lingkungan yang lebih luas
  • Terdiri dari orang-orang yang berorientasi pada tujuan
  • Suatu subsistem tehnik yaitu orang-orang yang menggunakan pengetahuan, tehnik, peralatan dan fasilitas.
  • Suatu subsistem struktural yaitu orang-orang yang bekerja bersama dalam berbagai kegiatan terpadu.
  • Suatu subsistem psikososial yaitu orang-orang yang terlibat dalam hubungan sosial
  • Suatu subsistem menejerial yang merencanakan dan mengendalikan semua usaha.
2. Kegiatan-kegiatan manajemen menurut Henry Fayol, adalah :
  • Perencanaan
  • Pengorganisasian
  • Pemberian perintah
  • Pengkoordinasian
  • Pengawasan.
3.      Dalam konsep manajemen, persoalan terpenting dalam merealisasikan tujuannya oleh seorang manajer atau pimpinan dan dapat dijadikan sebagai alat manajemen, terletak pada Actuating.
4.      Terdapat dua dimensi dasar di dalam evolusi teori organisasi dan setiap dimensi mempunyai perspektif yang saling bertentangan, dalam dimensi pertama, organisasi adalah suatu konsep untuk mengatur sebuah kegiatan.

5.      Proses pelaksanaan kerja atau operasional organisasi harus sesuai dengan persyaratan mutlak yang diperlukan dalam proses manajemen, maka persyaratan tata kerja yang tepat bertujuan :

a) Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
b) Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
c) Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
6.      Berdasarkan pada aspek-aspek yang mempengaruhi organisasi dengan melihat pada alat manajemen dalam mencapai tujuan, maka organisasi dapat bersifat :
1. Kekeluargaan, yaitu mempunyai nilai dasar keluarga yang saling memberi dan  menerima, saling menolong dan menjaga nama baik sebagai satu keluarga besar.
2. Persahabatan, yaitu berusaha saling mengenal dan bergaul dalam suasana persahabatan yang saling menguntungkan dan saling mempercayai.
3. Nasional, yaitu setiap langkah dan orientasi program atau kegiatannya senantiasa berpijak pada nilai dasar bangsa, menjaga persatuan dan kesatuan serta berwawasan nusantara yang mencerminkan keberagaman sekaligus persatuan bangsa Indonesia.
4. Internasional, yaitu setiap langkah dan gerak organisasi ini memiliki visi jauh melewati batas teritorial negara dan aktif mempromosikan tata-pergaulan internasional yang berbudaya dan beradab.
7.      Di dalam melakukan perubahan atau penyesuaian organisasi harus melihat pada factor-faktor yang umum dapat mempengaruhi, maka hal yang terpenting dalam perubahan harus melihat pada : dalam kaitan dengan kondisi demografi,organisasi harus memperhatikan aspek-aspek yang berkaitan dengan usia,tingkatan pendidikan,jender,lokasi geografi,pendapatan masyarakat,komposisi keluarga dan lain-lain
8.      Dalam sifat dimanisnya organisasi, terdapat factor yang dapat mempengaruhinya, yaitu :          sedagkan lingkungan umum organisasi meliputi kondisi ekonomi,politik/perundangan,sosiokultural,demografi,teknologi,dan kondisi global
9. Talcott Parsons, tahun 1960, membedakan organisasi berdasarkan kebutuhan social, yaitu : akhirnya,sebagai sistem sosial,organisasi diri mereka harus memenuhi masalah generik sistem empat dengan mengembangkan subsistem sesuai. dengan demikian,subsistem menjadi dibedakan untuk memobilisasi sumber daya untuk memenuhi masalah adaptasi,untuk mengatur produksi, untuk mencapai tujuan organisasi
10.Organisasi memiliki daur hidup, berdasarkan Kim S. Cameron  dan David A. Whetten, terdiri dari tahap : tukar pikiran,tukar pikiran untuk pengambilan keputusan,perencanaan,pengorganisasian,penindakan,dan pengawasan.
 
http://arianus.wordpress.com/2012/10/11/tugas-tou-3/
http://mbotenbook.blogspot.com/2011/11/tugas-tou-03.html
http://blogzpot.wordpress.com/2011/12/05/tugas-tou-3/#more-100
http://danoetou.blogspot.com/2012/10/tugas-tou-3.html

No comments:

Post a Comment