Saturday 12 October 2013

PENTINGKAH BERORGANISASI?



Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang PENTINGKAH BERORGANISASI, sebaiknya kita mengenal dulu apa sih Organisasi itu.

Organisasi adalah sekumpulan orang ( dua atau lebih ) dalam suatu lingkup yang mempunyai tujuan yang sama dan saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut.

Sedangkan pengertian Organisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut :

1. Organisasi Menurut Stoner
 
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.


2. Organisasi Menurut James D. Mooney
 
 Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.


3. Organisasi Menurut Chester I. Bernard
 
 Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

 Dalam sebuah Organisasi terdapat sturktur organisasi, yaitu susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.

Dan tanpa kita sadari, disinilah peran organisasi sangatlah dibutuhkan. Dimana dari sinilah pemikiran-pemikiran hasil bentukan pemuda ditampung yang kemudian diwujudkan dengan pergerakan-pergerakan yang bertujuan untuk kebaikan bersama. Disini pula para pemuda mampu mengembangkan diri membentuk pendewasaan pikiran serta melakukan daya analisis tinggi, dan yang terpenting adalah kemauan bekereja dalam tim. Hanya dengan bersatu perubahan dapat kita lakukan.

            Namun nampaknya peran organisasi sendiri masih seringkali dipandang sebelah mata oleh segelintir orang. Yang mereka lihat organisasi adalah suatu kelompok yang beranggotakan orang-orang yang suka merusak, pemalas, ataupun orang-orang yang hanya bisa berkoar-koar belaka tanpa ada tindakan. Padahal kenyataannya sungguhlah tidak demikian. Hanya saja mereka yang tidak paham akan makna pentingnya suatu organisasi dalam membangun suatu bangsa.



Sumber : http://hmti.wordpress.com/2008/02/22/definisi-dan-pengertian-organisasi/
   http://randyyogaprastyo.blogspot.com/2012/10/pentingnya-berorganisasi-bagi-para.html



No comments:

Post a Comment